Friday, July 22, 2011

Arab Saudi: Setelah Ditutup 3 Tahun, Masjid Syiah di Saudi Dibuka Kembali

Kode: 254746 Tanggal: 2011/07/21Sumber: www.abna.ir
print

Arab Saudi:
Setelah Ditutup 3 Tahun, Masjid Syiah di Saudi Dibuka Kembali

Setelah ditutup selama 3 tahun atas perintah kerajaan Saudi, 3 masjid Syiah kembali dibuka dan mulai digunakan warga Syiah untuk shalat berjama'ah.

Setelah Ditutup 3 Tahun, Masjid Syiah di Saudi Dibuka Kembali
Menurut Kantor Berita ABNA, setelah ditutup selama 3 tahun atas perintah kerajaan Saudi, 3 masjid Syiah kembali dibuka dan mulai digunakan warga Syiah untuk shalat berjama'ah. Dicabutnya pelarangan tersebut atas desakan beberapa ulama dan warga Syiah yang beberapa hari sebelumnya menemui Hakim wilayah As Syarqiyah, yang kemudian tuntutan tersebut dipenuhi hakim setempat.
Diberitakan sejak tahun 2008 banyak masjid Syiah dilarang menyelenggarakan shalat berjama'ah bahkan ada yang ditutup sama sekali. Bukan hanya di masjid-masjid, hatta di rumah sendiri warga Syiah dilarang untuk menyelenggarakan shalat berjama'ah dan melakukan aktivitas-aktivitas keagamaan. Kebijakan kerajaan tersebut atas desakan dan tekanan dari ulama-ulama Wahabi yang banyak berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan kerajaan. Adanya ketegangan di beberapa Negara di kawasan Timur Tengah awal tahun 2011 berpengaruh terhadap kebijakan kerajaan yang mulai longgar terhadap Syiah. Masjid-masjid Syiah diperbolehkan beroperasi kembali. Diberitakan ketiga masjid tersebut, sebelum ditutup memiliki jama'ah lebih dari 20 ribu orang.

No comments:

Post a Comment